Oleh: Farin's mum | Oktober 18, 2009

TULIP FESTIVAL

Salah satu alternatif liburan musim semi di Melbourne adalah mengunjungi tulip festival yang hanya dibuka ketika musim semi tiba yaitu sekitar pertengahan bulan September hingga pertengahan Oktober. Tulip Festival terletak di Silvan rd yang bisa ditempuh selama hampir 2 jam perjalanan dari Melbourne city. Ketersediaan public transpot hingga ketempat tujuan membuat banyak pengunjung yang datang menikmati keindahan bunga tulip di sini, terutama pada akhir pekan. Festival dibuka setiap harinya dari jam 9 am sampai jam 5pm, dengan tiket masuk $16 untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak dibawah usia 14 tahun. Menurut brosur yang diberikan, ada lebih dari 100 jenis tulip yang ditampilkan di sini.

Diluar perkiraan kami, ternyata hujan gerimis menyambut kedatangan kami siang itu. Meskipun demikian, tidak menyurutkan keinginan kami untuk menikmati indahnya bunga tulip. Begitu juga dengan pengunjung yang lain, ada yang memang sudah mempersipkan diri dengan membawa payung, topi atau jaket, ada juga yang terlihat memakai jas hujan yang dibeli di sini. Banyaknya pengunjung yang datang membuat kami harus menunggu antrian untuk mendapatkan tiket. Setelah mendapatkan tiket dan brosur/visitor guide kami menuju pintu masuk yang disambut oleh petugas yang berpakaian khas tradisional Belanda. Berdasarkan brosur tersebut, ada 22 points of interest yang disarankan untuk dikunjungi. Setelah melewati pintu masuk kami memilih menikmati wisata disisi sebelah kanan terlebih dahulu. Di sini kita bisa menikmati area tanaman tulip beraneka warna yang luas membentang dan tumbuh subur. Area tanaman tulip dibuat berpetak-petak dengan jarak kurang lebih sekitar 3 meter antar petak yang bisa dilewati oleh pengunjung. Setiap petak ditanami dengan beberapa jenis tulip yang memiliki warna yang berbeda secara berkelompok.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan tulip dari ketinggian, dapat naik helikopter yang terbang rendah dan berputar-putar disekitar area dengan harga tiket $35 per-orang selama kurang lebih 15 menit. Setelah semua petak di area tulip dikunjungi, kami melanjutkan perjalanan ke sisi sebelah kiri. Tidak kalah menariknya, disini kita juga bisa menikmati indahnya berbagai macam jenis dan warna bunga tulip, pertunjukkan music jazz, stand-stand yang menjual berbagai macam makanan seperti ice cream, potato, coklat dan poffertjes, dan juga ada aneka souvenir yang dapat dibeli di gift shop. Di area ini ditampilkan beberapa hal yang berkaitan dengan negeri Belanda, seperti tulisan-tulisan dalam bahasa Belanda, kincir angin dan stand makanan poffertjes. Menariknya, di sini ada juga sumur yang tidak terlalu dalam yang digunakan orang untuk menyampaikan keinginannya (nggak tahu sekarang masih atau nggak). Untuk setiap keinginan yang disampaikan, orang harus melemparkan coin dalam jumlah tertentu kedalam sumur. Nggak nyangka ternyata wong londo juga percaya hal-hal seperti ini. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli bibit tanaman tulip yang ditanam di pot dengan harga $6.50 per pot nya.

Setelah semua tempat dikunjungi, kami pun besiap-siap pulang sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan. Kami kembali ke stasiun kereta menggunakan bus yang ada setiap 1 jam sekali. Hujan gerimis sudah berhenti, cuaca yang bersahabat mengiringi kepulangan kami hari itu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: